Site icon Tangan Terbuka Media

Jelas Terlihat

Sabda-Mu Abadi | 30 Juni 2023 | 1Tim. 5:24-25

”Dosa beberapa orang sangat jelas dan mendahului mereka ke penghakiman, tetapi dosa beberapa orang lagi baru menjadi nyata kemudian. Demikian pula perbuatan baik itu segera sangat jelas dan kalau tidak demikian, perbuatan itu tidak dapat terus tetap tersembunyi.”

Becik ketitik ala ketara ’baik terbukti, buruk akan terlihat’. Ungkapan Jawa ini selaras dengan penggalan surat Paulus. Ungkapan itu mengandung makna bahwa pada akhirnya baik kebenaran maupun kesalahan akan terlihat jelas.

Dalam Alkitab Bahasa Indonesia Masa Kini tertera: ”Dosa sebagian orang, sebelum diadili, sudah kelihatan dengan jelas. Tetapi dosa orang lain baru diketahui sesudahnya. Begitu juga perbuatan-perbuatan baik langsung kelihatan. Dan yang tidak mudah kelihatan sekalipun, tidak bisa terus tersembunyi.”

Ya, yang tak mudah kelihatan sekalipun tidak bisa terus disembunyikan. Kita juga punya peribahasa ”sepandai-pandainya menyimpan bangkai pasti akan tercium juga.” Ya, semuanya akan terkuak. Tak tersembunyi. Dan karena itu, tak perlu disembunyikan. Hanya persoalannya—ini juga yang biasa dilakukan orang—perbuatan buruk disembunyikan sekuat tenaga dan perbuatan baik perlu diiklankan.

Berusaha menyembunyikan suatu kesalahan membawa orang pada kesalahan kedua dan ketiga. Kesalahan malah menjadi beranak pinak. Dan ujung-ujungnya ketahuan juga. Sedangkan mengiklankan perbuatan baik berkali-kali hanya akan menawarkan kebaikan itu sendiri.

Jadi, akui kesalahan dan tak perlu menggembar-gemborkan kebaikan kita.

Yoel M. Indrasmoro | Tangan Terbuka Media: Bangun Jiwa via Media

Klik tautan di bawah ini untuk mendengarkan versi audio:

Foto: Unsplash/Giorgio Trovato

Exit mobile version